Salah satu pulau berpenghuni dan menjadi destinasi wisata adalah Pulau Harapan. Harapan island merupakan pulau berpenduduk dan sama populernya dengan Pulau Tidung, Pulau Pari dan Pulau Pramuka Tidak heran jika pulau ini selalu terlihat ramai didatangi pelancong. Apalagi di musim-musim liburan.

Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Secara administratif, Pulau Harapan terletak di wilayah Kelurahan Pulau Harapan, kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Pulau ini membawahi 30 pulau-pulau lain di sekitarnya yang diperuntukkan sebagai pulau resort, pulau rekreasi, dan pulau konservasi.

Dibandingkan dengan Pulau Pramuka atau Pulau Pari, posisi Pulau Harapan di Kepulauan Seribu memang lebih jauh. Kira-kira berjarak 60 km dari utaran daratan kota Jakarta atau setara dengan 3,5-4 jam perjalanan laut (bila menggunakan ferry). Namun, jarak bukan masalah bagi orang-orang yang ingin bersantai dan bersenang-senang di pulau ini.

Sejarah Pulau Harapan

Tak ada yang tahu pasti mengapa pulau ini dinamakan Pulau Harapan. Akan tetapi bila menelusuri sejarah, dahulunya di sini merupakan tempat pelarian penduduk pribumi yang enggan tunduk pada penjajah. Karena letaknya jauh di seberang lautan dan ditumbuhi hutan serta belukar, mereka merasa lebih aman dan sulit dijangkau penjajah. Di pulau inilah kemudian mereka memulai kehidupan baru dan membangun sejumlah harapan hingga kondisinya bisa seperti sekarang.

Cerita unik lainnya, tak jauh dari Pulau Harapan terdapat Pulau Pemagaran. Pulau Pemagaran disebut-sebut punya kekuatan mistis yang kekuatannya sampai ke Pulau Harapan. Dahulu, apabila perompak datang menyerang Pulau Harapan dan Pulau Pemagaran, kapal mereka tidak dapat mencapai bibir pantai. Sebab, seakan-akan membentur suatu yang sangat keras seperti pagar.

Sisi lain yang perlu kita ketahui dari Pulau Harapan adalah kondisi sosial masyarakatnya. Pulau seluas 6,7 Hektare ini telah dihuni oleh 2.205 juta jiwa penduduk dari beragam corak suku bangsa seperti Jawa, Bugis, Mandar dan sebagainya. Sebagia mereka bekerja sebagai nelayan dan petani ladang. Ada juga yang berwirausaha sebagai penjual makanan, kerajinan tangan, dan oleh-oleh. Selebihnya, bekerja di kantor-kantor seperti kantor pemerintahan dan menjalankan bisnis penginapan, kafe, dan resto.

Transportasi Ke Pulau Harapan

Satu-satunya cara mencapai Pulau Harapan adalah dengan menggunakan transportasi laut. Anda akan diangkut dengan kapal kayu, ferry, KM Kerapu, atau speedboat, sesuai dengan pilihan Anda. Namun, tarif masing-masing Transportasi Ke Pulau Harapan tersebut tentu berbeda-beda.

Kapal kayu atau kapal tradisional milik nelayan, ferry, dan KM Kerapu termasuk yang paling banyak digunakan orang yang ingin berkunjung ke Pulau Harapan. Hal tersebut dikarenakan tarifnya cukup murah. Hanya saja, terkadang kenyamanan penumpang agak terganggu oleh padatnya muatan penumpang. Apalagi di hari-hari libur, kapal bisa mengangkut 400 penumpang sekaligus. Saking banyaknya, tidak semua penumpang mendapatkan tempat duduk di dalam kapal. Sebagian terpaksa duduk di luar atau bahkan di atap kapal. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Pulau Harapan dengan kapal-kapal bertarif ekonomis lumayan lama. Paling cepat memakan waktu sekitar 3,5 jam perjalanan.

Pilihan lain, Anda bisa menggunakan speedboat. Kami menyarankan armada ini untuk klien yang punya anggaran besar. Tarif sekali jalan memang bisa berlipat-lipat kali lebih mahal dari tarif kapal ekonomis. Namun, kenyamanannya lebih terjamin karena jumlah penumpang selalu disesuaikan dengan kapasitas muatan armada. Di samping itu, kecepatan mesin speedboat melebihi kapal-kapal lain. Sehingga hanya butuh waktu sekitar 1,5 jam saja untuk mencapai Pulau Harapan.

Untuk jadwal keberangkatan, hampir semua armada membuka jadwal setiap hari. Bagi pengunjung non travel (tidak melalui jasa biro wisata), bisa datang sebelum pukul 07.00 WIB agar bisa kebagian tempat. Sebab, beberapa jenis kapal ekonomis tidak memberlakukan tiket. Jadi Anda harus sigap mengambil tempat sebelum kuota kapal terpenuhi.

Titik kumpul (meeting point) keberangkatan ke Pulau Harapan juga berbeda-beda. Tergantung jenis trasnportasi laut apa yang digunakan. Khusus untuk kapal-kapal bertarif ekonomis, titik kumpul berada di Pelabuhan Kali Adem yang berlokasi di belakang pasar ikan Muara Angke. Berikut jadwal keberangkatan dan tarif KM Kerapu, ferry, dan kapal tradisional.

KM Kerapu:

  • Loket pembelian tiket buka mulai pukul 6.30 WIB-7.30 WIB.
  • Berangkat setiap hari pada pukul 09.00 dan 11.00 WIB.

Ferry:

  • Berangkat setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu, pada pukul 07.00 WIB.

Kapal Tradisional

  • Berangkat setiap Senin-Jumat pada pukul 07.00 WIB dan hari Sabtu-Minggu antara pukul 07.00 WIB-07.30 WIB.

Sedangkan untuk Anda yang memilih menggunakan speedboat, meeting point-nya berada di dermaga Marina Ancol dengan jadwal keberangkatan serta tarif sebagai berikut:

  • Speedboat boarding pukul 07.30 WIB dan berangkat pada pukul 08.WIB.

Tim kami sudah standby di dermaga Marina Ancol untuk mengurus segala keperluan keberangkatan klien ke Pulau Pramuka. Klien diharapkan hadir 30 menit sebelum speedboat boarding.

*Catatan:

Seluruh jadwal keberangkatan di atas dapat berubah sewaktu-waktu, menyesukaikan dengan kondisi cuaca. Apabila cuaca buruk dan tidak memungkinkan mengarungi laut, jadwal keberangkatan ditunda hingga keadaan membaik.

Akomodasi di Pulau Harapan

Bagi para backpacker, penginapan memang bukan sesuatu hal yang perlu dipusingkan saat mengunjungi tempat baru/asing. Jika tidak ada penginapan yang cocok, mereka lebih suka berkemah di pinggir pantai sembari menikmati desau angin laut dan debur ombak. Lain hal dengan sebagian orang lainnya yang membutuhkan penginapan nyaman serta bersih dengan harga terjangkau.

Di Pulau Harapan, Anda takkan sulit mencari penginapan. Semua jenis penginapan tersedia di sini. Mulai dari homestay, hotel, juga villa. Anda bebas menentukan pilihan menginap dimana asal sesuai dengan budet yang dimiliki. Di antara semua jenis penginapan di Pulau Harapan, peminat homestay yang paling banyak.

Mengapa demikian?

Alasannya, karena satu homestay bisa menampung 4 hingga 15 orang sekaligus. Sangat cocok bagi pengunjung yang datang berombongan. Jadi tidak terpisah-pisah. Dari segi harga juga lebih ekonomis bila dibandingkan dengan hotel ataupun villa.

Asyiknya lagi, menginap di homestay serasa menginap di rumah sendiri. Sebab, konsep homestay pada dasarnya memang dirancang seperti sebuah rumah yang terdiri dari beberapa kamar, ruang tamu, ruang makan, dan dapur kecil yang bisa dipakai bersama. Kurang lebih seperti villa, tapi sedikit lebih sederhana.

Umumnya, pengunjung mengincar penginapan yang lokasinya dekat dan menghadap ke laut. Jadi, ketika mereka ingin bermain-main di pantai, mereka tak perlu jauh-jauh lagi berjalan. Sayangnya, di musim-musim liburan atau weekend, cukup sulit mendapatkan penginapan yang lokasinya strategis. Kecuali jika Anda telah mem-booking jauh-jauh hari.

penginapan di pulau harapan

Tapi jika Anda termasuk orang yang sangat sibuk hingga tak sempat mengurus segala sesuatu untuk liburan ke Pulau Harapan, sebaiknya gunakan jasa biro perjalanan wisata terpercaya seperti kami. Kami berkomitmen tinggi mempersiapkan segala sesuatu yang terbaik untuk klien agar dapat menikmati liburan dengan tenang dan nyaman. Termasuk soal penginapan.

Akomodasi di Pulau Harapan yang kami pilih ini dijamin terbaik di kelasnya. Terletak dekat dengan pantai serta didukung dengan fasilitas lengkap seperti kamar mandi, shower, AC, spring bed (beserta bantal, guling, dan selimut), lemari pakaian, televisi, dan dispenser.

Kegiatan Liburan Seru di Pulau Harapan

Tidak perlu jauh-jauh plesir ke luar negeri jika hanya untuk menikmati suasana pulau yang indah dengan pasir putih dan air laut biru jernih. Di negeri kita sendiri pun banyak pulau-pulau mengaggumkan yang dapat membuat mata terpukau dan bikin betah. Salah satunya Pulau Harapan di Kepulauan Seribu. Pesona alamnya tak perlu diragukan lagi. Buktinya, tak kurang 2.000 wisatawan merapat ke sini setiap bulan.

Menariknya, Pulau Harapan dikelilingi sekitar 30 pulau lain yang letaknya cukup berdekatan. Jadi bisa sekalian singgah ke pulau-pulau tersebut dan menemukan keunikan yang berbeda dari masing-masing pulau. Selain itu, karena Pulau Harapan merupakan pulau berpenghuni, maka prasarananya pun jauh lebih lengkap dibandingkan pulau resort.

Sebagai gambaran, berikut beberapa kegiatan liburan seru yang bisa Anda lakukan selama berada di Pulau Harapan.

Snorkeling

Snorkeling atau menyelam di perairan dangkal sangat memungkinkan di Pulau Harapan. Sebab, kondisi air lautnya jernih dan cukup tenang. Sehingga tidak mengganggu jarak pandang saat Anda menyaksikan langsung keindahan alam bawah laut.

snorkeling pulau harapan

Bukan hanya itu, ada banyak spot snorkeling yang terkenal sangat mempesona di sekitar perairan Pulau Harapan. Anda akan diangkut menggunakan kapal sewa ke spot-spot terbaik tersebut.

Scuba Diving

Scuba diving juga bagian dari kegiatan menyelam. Hanya saja, ini lebih banyak dilakukan oleh orang-orang terlatih atau berpengalaman. Sebab, kedalaman laut yang diselami lebih jauh ke bawah dibandingkan saat snorkeling. Ini tentu saja membutuhkan keahlian berenang yang baik juga nyali lebih.

Mereka yang pernah mencoba diving di perairan Pulau Harapan pasti berdecak kagum. Betapa tidak? Semakin jauh ke bawah, pemandangan yang ditawarkan semakin indah.

Water Sport

Ada banyak jenis water sport yang asyik sekali dicoba bersama rombongan. Beberapa di antaranya seperti banana boat, kano, dan jetski. Menantang ombak di titik-titik teraman dipastikan akan meninggalkan kesan yang tak terlupakan.

Bersepeda

Menikmati setiap jengkal keindahan Pulau Harapan juga bisa dilakukan dengan bersepeda. Kegiatan ini cocok untuk Anda yang suka gowes atau ingin sekalian menjaga kebugaran selama berlibur. Sambil menyusuri pulau, Anda bisa berbaur dengan kehidupan masyarakat setempat. Juga, menemukan spot-spot cantik untuk ber-selfie ria.

Photo Session

Tak sedikit pengunjung yang datang ke sini untuk melakukan photo session. Entah untuk kebutuhan prewedding, dokumentasi karya tulis, atau sekadar untuk melatih keterampilan memotret. Yang pasti mereka memilih Pulau Harapan karena sebagain besar wilayah pulau ini dilatarbelakangi pemandangan yang sangat indah.

Mengunjungi Penangkaran Penyu

Penangkaran penyu di Pulau Harapan dibuat atas inisiasi Departemen Kehutana. Alasannya, untuk menjaga populasi penyu agar tidak punah. Seperti yang kita ketahui, penyu seringkali diburu oleh manusia untuk diperjualbelikan. Anak-anak penyu juga rawan diserang predator seperti biawak dan burung elang. Hal-hal itulah yang dapat mengakibatkan populasi penyu menurun.

Nah, sambil beriwisata tak ada salahnya Anda juga melihat sekaligus belajar bagaimana cara membudidayakan penyu. Kelak, saat Anda kembali ke kota/daerah asal, ada pengetahuan baru yang Anda peroleh.

Menyusuri Hutan Bakau

Di ujung Pulau Harapan atau mengarah ke Pulau Kelapa terdapat hamparan hutan bakau di sepanjang sisi pantai. Anda bisa menyusurinya dengan menggunakan perahu menjelang sore sembari menyambut sunset.

Wisata Kuliner

Tak lengkap rasanya mengunjungi suatu tempat tanpa memanjakan lidah dengan aneka khas setempat. Jajanan di sini cukup bervariasi. Namun, yang paling banyak dicari tentu saja olahan seafood seperti ikan bakar, sate cumi, udang saus, dan sebagainya. Selain segar-segar, citarasa bumbunya sungguh memuaskan.

Paket Wisata Ke Pulau Harapan

Pada dasarnya, setiap orang bisa menyusun agenda perjalanan wisatanya sendiri. Akan tetapi, sebagian orang mempercayakan nya kepada travel agent dengan alasan praktis. Khusus untuk wisata ke Pulau Harapan, kami selaku pihak penyedia jasa perjalanan wisata menyediakan beberapa paket wisata ke Pulau Harapan, yang terdiri dari one day trip/one day tour, 2 hari 1 malam (2D1N), dan 3 hari 2 malam (3D2N). Tiap paket memiliki ketentuan masing-masing.