Skip to main content

Objek Wisata Pulau Pari

Salah satu kepulauan yang mempunyai banyak keanekaragaman pesisir pantai yang dekat dengan ibukota Indonesia adalah Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu adalah salah satu kawasan taman nasional laut di Indonesia. Ada beberapa pulau yang sudah dikenal sebagai daerah objek wisata yang termasuk di dalam kawasan Kepulauan Seribu yaitu pulau Tidung, pulau Bidadari, pulau Pramuka, pulau Pari, pulau Semak Daun dan lain-lain.

Setiap pulau yang ada di kepulauan seribu mempunyai keunikannya masing-masing. Misalnya, di pulau pramuka terdapat penangkaran penyu, dan di pulau semak daun kita bisa mempunyai pengalaman menginap di sebuah pulau hanya dengan tenda saja atau berkemah. Penulis akan mengenalkan salah satu pulau dari Kepulauan Seribu yang sudah penulis kunjungi.

Paket SpeedBoat

Kini Paket SpeedBoat Ke Pulau Pari Lebih Murah !!

Paket Promo 2018

Open Trip

PESERTA HARGA
21 – 49 Rp. 300.000,-
10 – 19 Rp. 310.000,-

 

SPOT WISATA
 Pantai pasir perawan
 Pantai kresek
 Pulau Burung
 Bukit matahari
 Bintang rama
 Area perlindungan laut

Wisata Alam dan Wisata Bahari

Wisata Alam adalah kegiatan rekreasi dan pariwisata yang memanfaatkan potensi alam untuk menikmati keindahan alam baik yang masih alami atau yang sudah ada usaha budidaya, agar ada daya tarik wisata ke tempat tersebut. Pulau Pari yang penulis kenalkan termasuk kedalam wisata alam. Tidak hanya wisata alam, pulau Pari termasuk juga kedalam wisata bahari, meskipun pulau Pari tidak termasuk pulau yang besar, tetapi disana juga cukup cocok untuk tujuan wisata bahari. Wisata Bahari adalah kegiatan wisata yang berkaitan dengan laut, pantai, atau danau dan juga merupakan tempat wisata yang menyuguhkan keindahan pantai dan juga laut.

Wisata alam layak digunakan sebagai penyeimbang hidup setelah melakukan aktivitas yang sangat padat, dan suasana keramaian kota.sehingga dengan melakukan wisata alam, tubuh dan pikiran kita menjadi segar. Tetapi dalam melakukan wisata alam, kita harus memerhatikan kelestarian area yang masih alami tersebut, dan mempertahankan keutuhan budayanya. Untuk wisata bahari, di sekitar pulau Pari juga cocok untuk kegiatan snorkeling ataupun diving. Karena wilayah kepulauan seribu adalah daerah yang masih asri kehidupan ekosistem bawah lautnya.

Pulau Pari adalah salah satu pulau dari Kepulauan Seribu yang mempunyai keunikan tersendiri. Keunikan yang pertama dari pulau ini adalah bentuk dari pulau ini sendiri yang berbentuk seperti namanya yaitu ikan pari. Jika dilihat dari atas pulau ini berbentuk ikan pari. Kepulauan Seribu masih memiliki lautan yang belum tercemar, dan di sekitar pulau Pari lautannya pun masih berwarna kebiruan muda.

Pulau ini cocok untuk para wisatawan yang menginginkan keindahan serta ketenangan di pantai. Ketenangan tersebut bisa diperoleh jika wisatawan merasakan pantai Pasir Perawan. Pantai Pasir Perawan adalah salah satu pinggiran pantai di pinggiran pulau Pari yang tidak terkena ombak lautan, dan airnya sangat tenang seperti layaknya danau yang tidak berombak. Dikarenakan pantai ini tidak berombak, maka daerah pantai ini hanya bisa dijadikan area untuk bersantai tidak untuk disinggahi perahu.

Dan disisi lain pinggir pantai yang ada di pulau ini, terdapat sekumpulan ekosistem bintang laut yang dapat kita lihat ataupun kita sentuh bintang laut tersebut.

Dibandingkan dengan pulau atau pesisir pantai yang sudah pernah penulis kunjungi, menurut penulis pulau Pari termasuk pulau yang mempunyai ketertiban dalam hal kebersihan. Disetiap beberapa meter terlihat tempat-tempat sampah, menjadikan para wisatawan merasa nyaman untuk melihat sekitar tidak ada sampah yang berserakan dan juga mudah untuk membuang sampah. Selain keunikan di dalam pulau, disekitar lingkungan pulau Pari juga bisa digunakan untuk bersnorkeling atau melihat menggunakan masker selam untuk melihat keanekaragaman bawah laut.

Untuk keasrian alam di pulau Pari pun cukup terjaga, dikarenakan disana termasuk pulau yang tidak termasuk besar, sehingga masyarakatnya pun hanya menggunakan alat transportasi sepeda, sepeda motor atau berjalan kaki. Walaupun di pulau Pari sudah memiliki komunitas penduduk yang cukup banyak, tetapi untuk fasilitas pulau hanya ada masing-masing satu sekolah dasar, sekolah menengah pertama, mesjid, dan puskesmas. Jika ingin melanjutkan sekolah menengah atas maka anak dari penduduk pulau Pari harus sekolah di ibu kota provinsi yaitu pulau Pramuka atau di luar kepulauan yaitu di Jakarta. Masyarakat yang berada di pulau Pari cukup ramah untuk para wisatawan.

Menurut Drs. Oka A. Yoeti tahun 1987 dalam bukunya “Pengantar Ilmu Pariwisata” menyebutkan :

“Pariwisata adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk sementara waktu, yang diselenggarakan dari suatu tempat ketempat lain dengan maksud bukan untuk berusaha (business) atau mencari nafkah di tempat yang dlkunjungi, tetapi semata-mata untuk menikmati perjalanan tersebut guna bertamasya dan rekreasi atau untuk memenuhi keinginan yang beraneka ragam”.

Dalam kunjungan wisata ke pulau Pari ini, menurut penulis objek wisata dan pramuwisata sendiri sudah sesuai dengan definisi tersebut. Penulis juga mendapatkan suatu pengalaman yang menyenangkan di pulau tersebut.

Di setiap objek wisata mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Dalam wisata ke pulau Pari ini penulis mengambil beberapa kesimpulan mengenai kelebihan dan kekurangan dari pulau Pari. Dari beberapa wawancara dengan turis yang pergi ke pulau tersebut, sebagian besar cukup puas dengan tempat wisata tersebut. Tempatnya bersih, dan penduduk ramah. Tetapi memang kebanyakan tidak cukup puas dengan kelebihan yang ada di pulau tersebut.

Dalam makalah ini, penulis akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari tempat wisata pulau Pari. Kelebihannya antara lain; pulau ini cocok sekali untuk para backpacker yaitu orang yang mempunyai hobi untuk berwisata dengan anggaran yang cukup murah; pulau ini cocok untuk wisatawan yang ingin melihat pemandangan pesisir pantai yang bagus dan tenang tetapi tidak jauh dari daerah ibukota Jakarta, dan tidak harus pergi jauh-jauh ke Bali atau Lombok hanya sekadar untuk melihat lautan yang biru jernih.

Disamping kelebihan, terdapat kekurangan dari objek wisata ini, antara lain; pulau Pari adalah salah satu pulau yang luasnya tidak terlalu besar seperti pulau tidung atau pramuka, sehingga kita hanya bisa berjalan melihat-lihat di tempat itu-itu saja; tidak mempunyai oleh-oleh khas didalam pulau ini dan hanya terdapat dua toko cinderamata.