Pulau Tidung

Kepulauan Seribu merupakan salah satu wilayah yang terkenal berkat keindahan alam dan potensi wisatanya. Letaknya yang tidak jauh dari Ibukota Jakarta membuat Kepulauan Seribu menjadi destinasi wisata pilihan para warga di kota-kota besar dan seluruh wilayah Indonesia. Salah satu pulau yang tergabung dalam gugusan pulau di sana yaitu Pulau Tidung. Pulau yang satu ini termasuk pulau yang cukup terkenal dan paling banyak menyita perhatian berbagai wisatawan domestic maupun asing berkat keindahan alam yang dimiliki. Selain itu, potensi wisata yang ada juga sangat beragam dan sangat layak dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan. Dan berikut ini beberapa tempat yang wajib anda kunjungi jika berwisata ke Pulau Tidung dan Kepulauan Seribu.

Pulau Tidung Besar

Jika berkunjung ke Pulau Tidung, otomatis anda akan memasuki wilayah Pulau Tidung Besar. Pulau ini memiliki aktivitas yang cukup tinggi karena dihuni oleh penduduk daerah setempat. Namun keindahan alamnya tetap bisa anda nikmati untuk mengisi waktu libur dengan keluarga. Pasir pantai yang indah dan jernihnya air laut akan terus melekat di benak anda dan menjadi sesuatu yang dirindukan dari liburan yang mengasyikan tersebut. Akomodasi dan fasilitas yang ada juga terbilang lengkap sehingga anda bisa melaksanakan liburan selama beberapa hari tanpa kebingungan akan tempat untuk menginap.

Pulau Tidung Kecil

Berbeda dengan Pulau Tidung Besar yang dihuni penduduk, Pulau Tidung Kecil hanya menjadi tempat budidaya mangrove. Tujuan penanaman hutan mangrove tersebut adalah untuk menyeimbangkan aktivitas yang ada di Pulau Tidung. Hutan mangrove ini memang terbukti sangat membantu pengikisan pesisir pantai dan berguna untuk keberlangsungan alam di Pulau Tidung. Bahkan jika anda ingin berpartisipasi, anda juga bisa ikut menanam pohon mangrove bila berkunjung ke sana.

Jembatan Cinta

Jembatan menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Untuk menuju Pulau Tidung Kecil, tentu anda akan melewati Jembatan Cinta yang fenomenal ini. Dari atas jembatan, anda bisa melihat keindahan laut yang terhampar nyata. Selain itu, pengunjung biasanya melompat dari atas jembatan untuk berenang dan menikmati bebasnya alam di sana. Tanpa adanya kegiatan tersebut, rasanya liburan menjadi kurang lengkap. Jembatan cinta juga menjadi spot untuk foto yang wajib diabadikan. Bahkan beberapa pasangan suami istri atau muda mudi juga sering mengambil gambar di tempat yang penuh pesona tersebut.

Makam Keramat

Makam tersebut terletak di Pulau Tidung Kecil yang bisa diakses dengan berjalan kaki atau mengendarai sepeda. Makam tersebut merupakan makam dari panglima yang sering dikunjungi wisatawan. Bahkan travel agen yang mengatur jadwal wisata Pulau Tidung juga mengagendakan hal ini dalam perjalanan sehingga patut anda laksanakan jika berkunjung ke sana.

Pantai Saung Perawan

Setelah lelah berlama-lamamenyusuri indahnya Pulau Tidung dengan berjalan kaki atau menggunakan fasilitas sepeda yang disewakan di sana, anda perlu beristirahat di Pantai Saung Perawan. Suasananya yang menenangkan membuat para wisatawan merasa betah untuk beristirahat di sana. Banyaknya pohon rindang yang menghalangi terik matahari membuat suasana semakin sejuk. Selain itu, ada juga warung yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman sederhana yang cocok disantap menemani waktu istirahat selama anda menyusuri keindahan Pulau Tidung tersebut. Pemandangan yang indah dan suasana yang mendukung untuk beristirahat membuat para wisatawan betah menghabiskan waktu di tempat ini.

Pulau Payung

Letaknya tak jauh dari Pulau Tidung membuat anda wajib mengunjungi pulau cantik yang satu ini. Bahkan beberapa agen perjalanan juga menawarkan wisata yang sangat seru dan berbeda yaitu berkemah di pinggir pantai. Bayangkan saj, anda akan menikmati langit dan lautan yang luas nan memanjakan mata dengan bermalam dan membuat kemah di sana. Pasti menjadi suatu hal yang seru dan wajib dilakukan. Atau sekedar snorkeling di sekitaran pulau juga selalu menjadi hal yang asik untuk dicoba.

Pantai Cemara Kasih

Tidak jauh berbeda dari Pantai Saung Perawan, di Pantai Cemara Kasih juga terdapat warung-warung jajanan yang bisa dijadikan tempat beristirahat. Ada juga beberapa ayunan tradisional yang diikat pada dahan-dahan pohon yang rindang.

Itulah beberapa tempat-tempat wisata yang harus anda kunjungi ketika berlibur di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu. Dengan mengunjungi beberapa tempat yang mempesona dan menyaksikan keindahan pantai, laut serta kekeyaan alam lainnya pasti membuat anda merasa senang dan penatpun hilang. Untuk mengunjungi beberapa tempat di sana tak cukup hanya dengan satu hari perjalanan bolak-balik, sangat disarankan setidaknya tiga hari dua malam untuk menghabiskan waktu yang ada untuk menyusuri beberapa lokasi yang menarik bersama rombongan. Dan jangan lupa, anda juga perlu mempersiapkan kamera untuk mengabadikan gambar-gambar keindahan alam di sana sebagai kenang-kenangan perjalanan liburan.